Harga tiket pesawat kenapa tidak disamakan?


sekedar untuk sharing saja. kira-kira seperti ini jawaban b0m² ketika dihadapkan quiz dikelas. Hehe.. b0m² yakin nih pasti banyak kekurangannya. oleh karena itu, mohon bantuannya untuk bisa ngasih saran buat tulisan kecil b0m²ini.. terima kasih sebelumnya buat teman² sekalian..

Indonesia adalah daerah kepulauan yang harus memerlukan transportasi udara untuk melakukan bepergian. Baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Oleh karena itu penggunaan maskapai penerbangan sangat di perlukan untuk semakin memudahkan seseorang untuk melakukan perjalanan tersebut. Meskipun hanya sekedar urusan bisnis, berlibur, dan sebagainya.

Maskapai penerbanganpun bermacam-macam, ada yang menangani daerah lokal dan ada yang menangani dalam skala nasional. Dan di antara maskapai memiliki persaingan yang antara satu dengan lainnya. Cara yang paling terlihat adalah pada perbedaan tiket antara maskapai pada hari-hari tertentu atau hari libur misalnya pada hari normal harga pesawat berkisar antara 200.000-500.000 akan tetapi pada hari sabtu dan minggu tiket pesawat akan berkisar antara 300.000-600.000.

Hal lain yang dapat terlihat adalah ketika sedang berada pada musim-musim tertentu. Musim libur panjang, musim mudik, musim akhir dan awal tahun. Harga yang di berikan oleh setiap maskapaipun akan beragam dan bahkan bisa terjadi peningkatan harga tiket. Sehingga para pelanggan harus memperhatikan sekali jadwal keberangkatannya.

Akan tetapi apabila seorang pembeli melakukan transaksi pembelian pada hari keberangkatannya. Ada dua kemungkinan yang di dapatkan, pembeli akan mendapatkan harga yang murah atau akan mendapatkan harga tiket yang melambung tinggi harganya. Dan semahal apapun harga tersebut pasti akan di beli oleh pembelinya.

Setiap maskapai penerbangan memiliki banyak strategi dalam mencari pelanggannya. Dan salah satu strageginya adalah melakukan promo periode yang rata-rata dilakukan dalam jangka waktu sebentar ini hanya diketahui beberapa orang dan agen tiket pesawat saja. Sehingga sangat minim sekali pembeli yang ada di karenakan keterbatasan informasi yang ada.

Penyebab ketidaksamaan harga tiket yang diberikan oleh maskapai penerbangan di mungkinkan adalah faktor waktu dan pembatasan harga tiket. Jika seseorang pembeli mendapatkan tiket yang murah pada hari normal,pembeli hanya mendapatkan fasilitas berat bagasi yang di tentukan apabila mempunyai kelebihan maka pembeli akan di berikan biaya tambahannya.

Perbedaan harga pada tiket kemungkinan besar terletak pada isi dan berat bagasi bagi setiap penumpangnya. Maskapai penerbangan memberikan kebebasan pada perbedaan pembeli. Biasanya di bagi menjadi tiga bagian pada setiap maskapai: priority,ultra flex, dan ultra saver. Di antara ketiga yang paling murah dan selalu ada promo harga pada golongan ultra saver, namun sisi negatifnya ialah sang pembeli tidak bisa melakukan perubahan jadwal penerbangannya.

Berbeda dengan Priority dan Ultra flex yang dapat mengubah-ubah jadwal penerbangannya. Sehingga tidak heran ketika harga tersebut menjadi lebih mahal dari pada golongan ultra saver. Dan paling tertinggi harganya ialah pada golongan priority, biasanya pada penumpang tersebut mereka akan lebih di beri fasilitas kenyamanan lebih, misalnya dapat menempati seat yang pada bagian depan. Mereka ditempatkan paling depan karena akan memudahkan mereka untuk segera beranjak dari seat mereka ketika sampai pada tujuannya.

Namun ada juga tiket pesawat yang sangat murah sekali, biasanya di tawarkan dari jauh-jauh hari sebelum penerbangan dilakukan. Akan tetapi hal itu hanya di prioritaskan pada pembeli tiket golongan ultra saver dengan resiko tidak dapat memindah jadwal penerbangannya ke kota tujuannya.

Jadi dalam hal ini sebaiknya para pembeli tiket maskapai penerbangan mampu bertindak bijak dan mampu menyusun rencana dari jauh-jauh hari. Ketika ingin mendapatkan harga tiket pesawat yang sangat murah maka harus menerima resiko-resikonya. Akan tetapi jika ingin mendapatkan kenyamanan maka pembeli tersebut akan merasa puas terhadap setiap pelayanan maskapai penerbangan yang dipercayanya.

About these ads

5 comments on “Harga tiket pesawat kenapa tidak disamakan?

  1. AngelNdutz says:

    pramugarinya jg beda bom :D

  2. lesus says:

    Begitulah cara Airlines berjualan tiket…

  3. Affan Rifaki says:

    bener banget,, kenapa ya, saya juga agak heran nih,,,

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s