Blogger Ndeso,Rejeki Kutho


Kopdar Blogger Nusantara yang di hadiri oleh ±1200 bahkan bisa jadi 2000an peserta acara tersebut terselenggara mulai hari Jum’at dan puncaknya pada hari Minggu (28-30 Oktober 2011). Sangat seru dan begitu luar biasa ketika menghadiri acara kopdar Blogger Nusantara ini. Memang,saya tidak bisa hadir sepenuhnya di acara ini selain ada keperluan di hari jum’at yang tidak bisa di tinggal, di puncak acaranya pada hari Minggu saya dan kyai Slamet harus menuju ke kota Malang sejak dini hari.

**

Anggota Globber yang hadir bersama pada hari Sabtu terdiri dari 6 orang, antara lain @FajarMcXoem, Ketua Bloggerngalam @haqqi, @rainhanifa, @ahmad_muslim @ariefbayu dan yang nge-Bis bareng adalah saya sendiri bersama ahmad_muslim & arief bayu. sedangkan ketiganya mengendarai sepeda motor. Rencana awal yang ingin berangkat sejak jam 5 pagi dan bertemu di terminal Arjosari malah molor,akhirnya jam setengah 7 saya yang nge-Bis mulai bertolak menuju Sidoarja,acara #BN2011. Pada saat ingin berangkat ada keraguan di hati mas Ariefbayu ketika ingin menaik bis yang akan kami gunakan. Usut punya usut, bis tersebut pernah mogok di tengah jalan dan penumpangnya harus di oper ke bis lain. wuik! mau bagaimana lagi,karena mengejar waktu akhirnya semua berangkat menggunakan bis tersebut.

Dan apa yang di khawatirkan pun terjadi! bukan mogok di tengah jalan, AC bis error bolak-balik. ada 3 kali, supir berhenti untuk membenarkan AC bis agar bisa menyala, memang sengaja naik patas biar tidak berhenti setiap ada penumpang yang akan naik. Tapi itu salah persepsi,bis tetap berhenti untuk membenarkan AC. Doh! dan perjalanan yang sedikit kurang enak itupun berakhir ketika sampai pada daerah Porong, Lumpur Sidoarjo. Dari sanalah baru perasaan lega,dan ingin cepat-cepat menuju acara #BN2011. menanyakan dimana ancer-ancer ketika sampai di Sidoarjo mulai ditanyakan di twitter,juga bbm kepada sesepuh #bloggerupacara yang sudah ada di tempat acara.

***

Meskipun akhirnya tidak tepat waktu ketika mengikuti acara BlogNusantara di hari tersebut telah membuat saya yang hadir sangat puas. Sangat senang,ternyata melihat daftar hadir peserta dari Malang ternyata juga banyak ada 20 lebih. Karena di hari tersebut materi-materi yang disampaikan membuat antusias sekali bagi para peserta, mulai pagi saat rehat sejenak untuk ishoma hingga malam harinya. Tidak ada yang terlewatkan bagi saya untuk mengikuti acara #BN2011 ini,bahkan sesi foto-foto menjadi kewajiban pun sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Namanya juga Kopdar Nusantara, dengan jargon Ndeso setiap kali MC acara membuat semangat acara demi acara #BN2011 membuat saya tersadar tentang makna Ndeso yang tidak sembarang Ndeso. Hal tersebut terlintas di pikiran saya saat memasuki tempat penginapan di GOR Delta Sidoarjo. Seperti yang ada pada tulisan pak de Blontankpoer, mengapa setting acara di buat seperti itu. Saya sangat kagum dan bangga kepada panitia-panitia penyelenggara #BN2011. Di jadikan satu dalam ruangan GOR Tenis, membuat para peserta merasakan bagaimana menjadi ‘para pengungsi’ ketika lumpur Sidoarjo yang saat ini tidak henti-hentinya mengeluarkan semburan. Tidak ada perbedaan,semua menjadi sama rasa untuk menikmati kebersamaan di acara #BN2011.

Kembali kepada Ndeso-nya #BN2011, mungkin kita sadar sekali bagaimana kehidupan orang-orang ndeso. Mereka bersatu dalam kerukunan, tingkat tenggang rasa, teposeliro yang ada di dalam suatu masyarakat perdesaan itu begitu tinggi. Meskipun terdapat jabatan-jabatan tertentu,tingkat jenjang sosial mereka bersatu padu untuk saling menghargai demi menciptakan sebuah kerukunan. Ya, Jargon Ndeso begitu tepat di acara Blogger Nusantara. Mereka tidak segan-segan untuk saling bertukar pemikiran, bertukar ide untuk semua peserta. Orang-orang yang sukses memiliki rejeki kutho-pun tak mau ketinggalan untuk menularkan pemikiran mereka yang sederhana dalam membantu mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Memang benar-benar sesuatu banget lah! plak

Hal-hal yang istimewa lagi adalah saat dimana mbak Silly,mulai berbagi kisah dengan @Blood4lifeID begitu mengharukan dan memberikan semangat tersendiri untuk saya. Oleh karena itu,saya mbelani untuk bertemu langsung dengan mbak Silly saat usai turun panggung dan menuju stan PMI. Bertemu para sesepuh yang pernah menghadiri wisata wali,mereka adalah orang-orang luar biasa! Kemudian disaat malam minggu,bersama para peserta #BN2011 membahas banyak sekali perkembangan IT,relawan TIK dan juga kisah tentang adanya buku kumpulan blogger “Relawan Merapi” dimana ada 10 blogger dari berbagai kalangan, lain kota menjadikan tulisan-tulisan mereka kedalam sebuah buku yang di kumpulkan oleh mba @Anazkia. Luar Biasa..

dan inilah beberapa foto acara Blogger Nusantara

Album Kopdar Blogger Nusantara 2011

Album Kopdar Blogger Nusantara

Semoga dengan adanya kopdar Blogger Nusantara,menjadikan kesatuan dan persahabatan antara blogger dari satu daerah dengan daerah lain yang ada di Nusantara ini. Mampu meberikan kesejahteraan untuk saling membantu,membagi ide-ide,semangat-semangat antar daerah di Nusantara. I’m proud to be Blogger Nusantara.

 

About these ads

30 comments on “Blogger Ndeso,Rejeki Kutho

  1. @azizhaddi says:

    Blogger Nusantaraaaa, ndeso, ndeso..

    Semoga Blogger Nusantara bisa dilaksanakan di berbagai daerah lainnya.. dan bisa berjalan lebih baik lagi.. :D

  2. anjari says:

    salam blogger nusantara, terus pupuk kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia :)

  3. wibisono says:

    Salam blogger nusantara ndeso..

    Btw, kasur dan bantalnya gak bisa dibawa pulang ya?? wkwkwkwkkwk

  4. blontankpoer says:

    wuih, tulisannya menggebu-gebu… acara kemarin seru banget ya, Cak?

  5. Blogger Nusantara (blogger ndeso siap mbangun deso)

  6. mubarika says:

    Perjuangan yg luar biasa di perjalanan menuju #BN2011 terima kasih yg sedalam2nya mau sempat hadir.

  7. afandinoki says:

    semoga didaerah pelosok semakin melek dengan go-blog

  8. Cheap says:

    Mantap kopdarannya.

  9. Keren, sayang say anggak ikutan…ntar aja g di Bali :d

  10. irfanandi says:

    wah, kpn ya diadain lagi.. :-)
    keren…

  11. mursid says:

    jangan lupa itu foto bloggerPaha nya diaplod ke flickr.. hihihi…

  12. abi_gilang says:

    Jadi tahu nih sedikit gambaran tentang acara tersebut, soalnya akang baru tahu tgl 27 hari blogger nasional yaa pada tgl tersebut he he…salam kenal mas!!

  13. Jauhari says:

    Sayang belum bisa hadir

  14. ~MHC~ says:

    Foto imut aku mana kakak…!!! minta dunk kakak…!!!

  15. devieriana says:

    Huhuhuh, nggak bisa dateng, justru pas saat acara diadakan di deket rumah :cry:

  16. Salam ndesa wae ya Rekk…. :P

  17. sayang belum bisa hadir juga, mudah-mudahan kedepan kalau ada lagi bisa :)

  18. suryaden says:

    maturnuwun dipijeti :D

  19. anazkia says:

    Foto2nya kurang banyakkk hehehehe

  20. addiehf says:

    ketemu kakak embun lagi disono #cozycozy

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s