Jodoh yang Rahasia


..Genap sudah Mama saya sedang berada di kota Malang untuk menghadiri acara penikahan tante saya di daerah Kertosono, Nganjuk. Saat berdua bersama mama banyak sekali cerita-cerita yang di bagi kepada saya. Tentang keadaan ibu mertua, keadaan juga kesibukan abah tercinta juga berbagi kisah dari hati ke hati tentang bagaimana meniti jalan kehidupan cinta saya bersama istri tersayang. Tak bosan-bosannya saya mendengarkan dengan seksama bagaimana keinginan istri untuk suaminya, Maklum bahtera rumah tangga yang masih saya bina perlu banyak sekali masukan saran, kritik dan nasehat dari orang-orang terdekat yang saya sayangi. Begitu juga dengan keinginan istri, biasanya sesama wanita “bahasa” hati mereka lebih peka dari pada seorang lelaki khususnya lagi seorang suami.

Berbincang-bincang dengan mama juga mendapatkan banyak curhatan hati beliau tentang banyak hikmah kehidupan. Ada suatu waktu mama bercerita tentang kisah seseorang, dimana dalam masalah perjodohan begitu mengalami kesulitan. Disaat cocok dengan yang satu, calonnya kemudian dengan tiba-tiba menolak dan mundur dalam proses persiapannya. Kemudian melakukan proses lagi, ternyata sang calon memang belum siap dan juga belum memikirkan urusan pernikahannya,mungkin dikarenakan pekerjaannya atau yang lainnya. Saya tetap berkhusnudzon kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan terget.

Memang, urusan jodoh merupakan suatu rahasia ilahi yang kita tidak pernah tahu. Kita dapat saja berencana dengan sebaik-baiknya dan berdoa dengan doa yang terbaik demi masa depan generasi penerus dalam keluarga. Urusan nikah pun tidak semudah membalikkan tangan atau semudah mendesain sebuah karya grafis yang pada awalnya sulit,di akhirnya menjadi indah,tidak semudah itu. Kesulitan,kemudahan akan berjalan beriringan dan itu di tunjukkan dalam ayat-Nya,bahkan di ulang-ulang.

Saya sendiri menyadari bahwa jodoh yang dinantikan memang sangat rahasia. Dan rahasia-Nya sangatlah indah sehinga di saat kita merenungkan sejenak saya bisa menyadari bahwa rahasia Alloh sangatlah tidak bisa dipikirkan dengan logika saja, untuk itu perlu banyak bersyukur dalam mentadaburi nikmat yang Dia berikan. Rahasia-Nya yang kini saya dapatkan pun memberikan banyak rasa kesyukuran yang indah, bahkan tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata juga tulisan sederhana. Karena Dia-lah yang memberikan kenikmatan suatu keindahan pada saatnya.

Perjalanan meniti kesabaran perlu di tempuh dengan waktu yang tidak singkat. Buah kesabaran memanglah sangat indah, tidak ada kata “sabar ada batasnya” buktinya kenikmatan yang Alloh berikan tiada batasnya. Saya sangat yakin dan senantiasa berdoa untuk kawan tersebut untuk senantiasa sabar dan ikhlas dalam menanti jodoh yang sangat amat rahasia. Karena saya sendiri tidak tahu, bisa jadi disaat yang tepat ketika kondisi keimanan,kondisi hati, dan kondisi lainnya yang mendukung membukakan “pintu gerbang” keindahan, maka rasa kesyukuran,kebahagiaan, kenikmatan yang akan dia dapatkan tak akan henti-hentinya di nikmati & di syukuri. Dan kunci utama tersebut adalah sabar dan ikhlas.

Untukmu kawan, semoga Alloh senantiasa menjadikan hatimu selalu di iringi rasa sabar,ikhlas dan syukur yang tak pernah henti-hentinya terpatri di dalam kehidupanmu. Tak pernah terhenti di saat penantian jodohmu yang sangat rahasia. Karena banyak sekali kisah-kisah orang sholeh, kisah para guru-guru tentang buah kesabaran dan keikhlasan yang begitu nikmat ketika telah di petik disaat yang tepat. Tetap berjuang dalam membina hati, meniti jalan kesabaran…Alloh selalu mengiringi, dalam hembusan nafas yang kau hirup untuk menikmati hari ini, esok, lusa dan selamanya…

Malang,28 Dzulhijjah 1432 H..

10 comments on “Jodoh yang Rahasia

  1. honeylizious says:

    ah begitu menyejukkan hatiku yang kering karena hingga sekarang sepi tanpa jodoh yang menemani :D

  2. [...] foto yang ada di sini adalah beberapa foto milik Fajarembun. Hanya saja saya lupa yang mana saja. Terima kasih dan maafkan kelalaian hamba [...]

  3. Pojok Pradna says:

    sudah saya tambahkan keterangan di postingan blogger Nusantara (worship)

  4. gizhworld says:

    “jodoh yang dinantikan memang sangat rahasia”

  5. Iman says:

    Jodoh mutlak rahasia Ilahi… nice sharing ustadz #menjura

  6. ochin says:

    pak donat, boleh dong itu cara embed file mp3 ke wordpress (yay)
    eh, btw nice article, saya juga butuh banyak wejangan dari para suami dalam berbuat ma’ruf terhadap istri2nya :tunduk:

Comments

