Jangan Hanya di Jadikan Hiasan


sejenak mari kita merenung..sesibuk apa diri kita hari ini dan apa saja yang kita lakukan. Apakah kita melakukan pekerjaan kita terus menerus atau sudah melakukan rehat walaupun sejenak saja. Seberapa jauh kita mengenal kita, seberapa jauh kita memperhatikan diri kita bahkan seberapa jauh kita memikirkan dunia akhirat kita yang nantinya kita akan kekal di dalamnya. 2 jam, 1 jam, 30 menit, 15 menit, 5 menit, 30 detik atau 1 detik kita mengingat Rabb pencipta diri kita dan alam yang kita huni dan mengingat akhirat nanti?

Sobat, mungkin hari ini atau hari sebelumnya kita terlalu sibuk dengan pekerjaan juga kesenangan diri kita yang menjadi rutinitas diri kita. Marilah kita kembali berhenti untuk sejenak saja mengingat Rabb kita walaupun hanya 1 detik dalam hati kita atau 5-15 menit dalam ibadah sholat berjamaah kita. Ingatlah Dia yang telah memberikan kita kenikmatan hidup, kenikmatan bekerja, kenikmatan berdiri di bumi-Nya. Semoga dengan banyaknya diri kita bersyukur atas kenikmatan yang Dia berikan akan memberikan kesejukan di hati kita.

Apabila kita mengaku mencintai-Nya maka sudah selayaknya juga kita membaca surat cinta-Nya yang begitu indah. Surat cinta yang tidak ada tandingannya. Ya..surat cinta dari Alloh.. Al-Qur’an, yang patut menjadi tuntunan kita di setiap kondisi yang ada pada diri atau sekitar kita. Karena Al-Qur’an adalah  Qalam Ilahiyah yang mampu menuntun kita ke jalan yang terbaik.

sewaktu kecil, mungkin kita sering beramai-ramai menuju Taman Al Qur’an bersama-sama. Berlarian,balapan menuju Taman Al Qur’an dan belajar dengan seksama huruf per huruf, ayat per ayat hingga per Suratnya juga per Juz-nya sampai kita khatam. Masih ingatkah kita kapan pertama kali kita khataman Al Qur’an semasa kecil? Dan di saat dewasa ini,sudahkah kita mengkhatamkan Al Qur’an sebagai rutinitas kita? Inilah yang menjadi sebuah renungan besar bagi kita. Mulailah kembali membaca Al Qur’an di setiap saat, di kala gundah gulana, di kala senang, di saat sepertiga malam terakhir. Akrabkanlah diri kita selalu, dan bacalah Al Qur’an dengan penuh ketundukan hati. Agar kita mampu mencermati butir-butir cinta yang Alloh berikan kepada hamba-Nya.

Tetapi bila kini, Al Qur’an menjadi pajangan! hanya menjadi pelengkap koleksi buku kita,hanya menjadi sebuah simbol kemusliman diri kita, bahkan sebagai tempat pengganjal buku² lain yang berada di sampingnya.. Sungguh tragis… Na’udzubillahi min dzalik…Jangan sampai itu terjadi sobat, pahamilah dan cermatilah apa yang ada di dalam Al Qur’an. Bukankah ibunda Aisyah Radhiallahu Anha berkata bahwa Akhlak Rasullah adalah Al Qur’an..

Al Qur'an

· Ditanyakan kepada Aisyah ra. tentang akhlak Rasulullah SAW, maka jawabnya,”Akhlaknya Qur’an” (Hadits)

Oleh karena itu, kembalilah kita merenungi sejenak diri kita. Akrabkan diri kita dengan Al Qur’an di setiap tempat dan waktu. Di era globalisasi ini dan mobilitas diri yang sibuk sempatkanlah membacanya. Tidak perlu kita harus menyulap diri kita untuk berubah secara drastis, tidak! Sebaiknya, lakukan lah dengan perlahan-lahan. Dan istiqomah lah dalam melaksanakan kebiasaan tersebut walaupun hanya sebentar. Karena bisa jadi, dengan kebiasaan kecil kita dalam melaksanakan hal tersebut mampu membawa kita ke Jannah-Nya yang Kekal..Amiin..

5 comments on “Jangan Hanya di Jadikan Hiasan

  1. engkaudanaku says:

    Kembali merenungi diri,….
    bertafakur, .
    Membaca surat cinta dariNya- menenangkan hati,.
    menyejukkan sanubari,🙂

  2. cipstuff says:

    Membaca walaupun se ayat

  3. escoret says:

    wohh…tulisannya mantabbzzz

  4. Tetik says:

    Go For it!! Fighting.
    Semoga kita bukan orang yang banyak menyia-yiakan waktu.😦

    Salam Kenal Pak / Mas
    Senang baca tulisannya, Nice Writing

  5. izzi says:

    betullll.. sangat se7 dan se8,9,10,1—– dengan sang penulis…

    salam izzi dan rumaHMuslim.🙂

    http://rumahmuslim.net/

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s