Salam,Connecting People


Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Kalian tak akan masuk surga sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan satu amalan bila dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Yaitu, sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR Muslim dari Abi Hurairah).

Selain memiliki iman, syarat masuk surga menurut hadis di atas adalah adanya suasana yang saling mencintai antarsesama manusia. Saling mencintai baru terasa apabila salam sudah disebarkan. Bahkan, terhadap orang yang belum dikenal sekalipun, seorang Muslim tetap harus menyebarkan salam. Sabda Rasulullah SAW, ”Berikanlah salam pada orang yang Anda kenal dan orang yang tidak Anda kenal.” (HR Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash).

Menyebarkan salam berarti menyebarkan kedamaian. Sebab, kata salam mengandung makna kedamaian, keselamatan, dan keamanan. Karena itu, orang yang mengucapkan salam pada hakikatnya mengucapkan doa terhadap orang yang diberi salam agar senantiasa mendapat kedamaian, kasih sayang, dan berkah dari Allah SWT.

Setiap Muslim mengucapkan salam, dia akan diganjar dengan kebaikan (pahala). Dalam suatu pertemuan bersama Rasulullah SAW, seorang sahabat datang dan melewati beliau sambil mengucapkan, ”Assalamu ‘alaikum.” Rasulullah SAW lalu bersabda, ”Orang ini mendapat 10 kebaikan.” Tak lama kemudian datang lagi sahabat lain. Ia pun mengucapkan, ”Assalamu ‘alaikum warahmatullah.” Kata Rasulullah SAW, ”Orang ini mendapat 20 kebaikan.” Kemudian lewat lagi seorang sahabat lain sambil mengucapkan, ”Asalamu ‘alaikum warahmatullah wa barakatuh.” Rasulullah SAW pun bersabda, ”Ia mendapat 30 kebaikan.” (HR Ibnu Hibban dari Abi Hurairah).

Karena pentingnya menyebarkan salam ini, Nabi Muhammad SAW pun pernah memerintahkan seorang yang menaiki kendaraan untuk memberi salam kepada orang yang berjalan kaki. Orang yang berjalan kaki mengucapkan salam kepada orang yang duduk. Dua orang yang bertemu di jalan dan kemudian saling memberikan salam, maka yang lebih dahulu memulai lebih utama dari yang belakangan. (HR Al Bazar dan Ibnu Hibban dari Jabir).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW juga bersabda, ”Jika salah seorang dari kalian sampai pada suatu pertemuan, maka hendaklah memberi salam. Apabila ingin keluar dari pertemuan itu, maka hendaklah ia (juga) mengucapkan salam.” (HR Abu Daud dan Tarmizi dari Abi Hurairah).

Kalaulah sehari-hari kita sudah terbiasa mendoakan orang melalui ucapan salam, seharusnya tidak ada lagi di antara kita yang sampai hati berbuat zalim atau berlaku aniaya terhadap orang lain. Kalaulah kita sudah rajin mengucapkan salam, semestinya tak ada lagi di antara kita yang melakukan penipuan ataupun korupsi. Sebab, semua perilaku tersebut sangat bertentangan dengan hakikat salam. Yakni, memberikan kedamaian dan kasih sayang kepada orang lain serta berharap berkah dari Allah SWT.

Oleh karena itu, dengan mengucapkan salam, semua kegiatan kita berorientasi menciptakan kedamaian dan kasih sayang di antara manusia. Wallahu a’lam bis-shawab

7 comments on “Salam,Connecting People

  1. arema says:

    hmm… nice post..
    i like it..

    btw,,
    ane PERTAMAX kah Gan..!?!?

  2. Qie says:

    Subhanallah..

    tularin semangat menulis ke ane donk..

  3. Neng Ucrit says:

    Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh😀

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s