Odong-odong Bagi Anak Indonesia


Odong-odong adalah sebuah permainan sederhana teruntuk anak-anak yang umurnya berkisar 7 tahun kebawah. Asalkan body si anak tidak bongsor sehingga tidak memberatkan si Joki odong-odong mengayuh pancalnya.Tapi, kalau di paksakan…ya mau bagaimana lagi.. Odong-odong sepertinya merajalela di daerah perkampungan. Ketika beberapa kali lewat perkampungan juga perdesaan di pastikan akan bertemu sebuah odong-odong bahkan ada odong-odong yang di modiv menjadi beberapa kreasi tidak hanya menggerakan medianya naik turun saja. Rata-rata odong-odong di kayuh dengan pancal oleh sang Joki sehingga bisa bergerak medianya. Tetapi,saya pernah melihat odong-odong yang berevolusi dari pancal ke mesin bermotor.

Saya rasa odong-odong banyak tersebar di kawasan Indonesia. Dari kota besar sampai pelosok desa. Mungkin karena murah meriah, odong-odong memberikan hiburan kepada mereka para anak-anak Indonesia. mereka menaiki odong-odong sambil makan siang atau sore, menikmati bersama teman-teman sepermainan mereka dengan begitu ceria.

Kiprah odong-odong bagi anak anak Indonesia sangat berjasa. Odong-odong biasanya selalu diiringi musik. Musik anak-anak yang saya dengar sangat abadi. Dari saya TK sampai kuliah ini lagu tersebut tetap di dendangkan. Lagu-lagu anak Indonesia yang begitu terkenal di masa jaya nya dulu kini mungkin hanya bisa di pertahankan dari sebuah odong-odong di tengah musik-musik dewasa yang di dengarkan oleh anak-anak dari media televisi.

Lagu dari bangun tidur,sampai tidur lagi. melihat kebun, kedatangan paman dari desa, naik ke puncak gunung dan lain-lainnya dapat di dengarkan dari sebuah odong-odong, hehehe.. Saya tidak tahu berapa pastinya tarif odong-odong tersebut. wong belum pernah naik! Dan odong-odong akan di kayuh oleh si Abangnya atau Joki *biar keren dikit* sampai satu putaran lagu selesai. atau sampai kaki abangnya gempor…

Setidaknya, Odong-odong mampu menjaga dan melestarikan lagu anak-anak Indonesia di zaman era kejayaannya dulu. Lagu yang sederhana dan sangat easy listening bagi mereka anak-anak kecil yang begitu ceria,bermain  dengan canda tawa seakan tak punya beban hidup bagi mereka. Keceriaannya mungkin akan menghilangkan kepenatan bagi mereka orang tua mereka dan para orang dewasa di sekitarnya..

Selamat Hari Anak Nasional…

bonus: Odong-odongnya…

About these ads

16 comments on “Odong-odong Bagi Anak Indonesia

  1. aRai says:

    odong² kalo liat km ma luxsman pasti kabur doloan … ketimbang ringsek odong²e (lmao) (ninja)

  2. ciput says:

    Benar memang odong – odong sudah meNUSANTARA, di karimun sini pun juga yang namanya odong – odong. ada pengalaman unik tentang odong-odong yang pernah saya baca disini:

    http://anangku.blogspot.com/2007/12/odong-odong.html

  3. ciwir says:

    itung2 mainan yang murah meriah mas

  4. iLLa says:

    tapi kalo si anak ga mo turun2 kan orang tuanya jg jadi repot, musti bayar berapa sama abang2 yg punya odong2 itu, hihi… :lol:

  5. Faye says:

    aku kok kayaknya nggak pernah naik odong-odong, ya, tau namanya aja baru pas udah gede ==a

  6. bonankz says:

    walaupun belom pernah naik odong2, yg penting lestarikan budaya bangsa

  7. Odong2 sekarang banyak macemnya …

  8. KutuBacaBuku says:

    bagus kalau odong2 di tempat ente masih nyetel lagu anak2 bro, klo di sini mah udah lagu2 anak gede yang disetel. Ada yang keliling2, ada juga yang ngetem tiap ada pasar malem.

    Fenomena ini menunjukkan, anak2 Indonesia kekurangan lahan bermain yang cocok untuk mereka dan membuat mereka senang :(

  9. Kak Zepe says:

    hai..saya Zepe. Saya punya banyak koleksi lagu anak yang kini telah mencapai 30 lagu. Lagu-lagu saya juga sudah dipakai di beberapa PAUD dan TK, dan bisa di upload dari internet secara gratis.
    Klik saja:
    http://www.lagu2anak.blogspot.com

    qq

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s