Malang Post today! komunitas @bloggerngalam


Selasa, 09 Agustus 2011 14:54

DENGAN blog, mereka berkreatifitas. Melalui blog pula mereka berbagi informasi terkini  sampai merajut persaudaraan. Dan masih banyak pula yang dilakukan. Itulah dunia Komunitas Blogger Ngalam.Komunitas ini adalah komunitas yang dinamis. Anggota Komunitas Blogger Ngalam hidup ditengah kreatifitas dan informasi. Tak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk sesama dan khalayak luas.
Komunitas Blogger Ngalam berdiri pada 29 Desember 2007. Sebelumnya cikal bakal Komunitas Blogger Ngalam sudah ada sejak 2005. Yakni bernama Blogger Malang (Blogmal). Tapi sempat vakum lalu berganti wujud menjadi Komunitas Blogger Ngalam yang eksis hingga saat ini.
“Komunitas Blogger Ngalam adalah komunitas blog di Malang Raya. Siapa pun boleh bergabung asalkan memunuhi syarat,” kata Ketua Komunitas Blogger Ngalam, Muhammad Fauzil Haqqi, S.Kom kepada Malang Post.
Syarat menjadi  anggota , kata Haqqi, yakni harus memiliki blog. Syarat yang standar lantaran komunitas ini adalah komunitas para blogger. Kini sudah memiliki 281 anggota yang tersebar di Malang Raya. Para anggotanya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar,  mahasiswa,  dosen, karyawan dan berbagai jenis profesi lain. Usia anggotanya pun dari  yang muda sampai usia senja. “Anggota yang paling muda masih duduk di bangku SMP. Sedangkan  yang paling tua berusia 50 tahun,” ucap Haqqi.

Kegiatan Komunitas Blogger Ngalam beragam. Mulai dari kopi darat (kopdar) atau biasanya disebut temu offline hingga berbagai kegiatan lain yang sifatnya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi dan berbagai kegiatan yang sifatnya edukatif.
Disaat  temu offline, mereka melakukan banyak hal. Mulai dari berbagi informasi hingga menjalin kebersamaan. Karena itulah anggota komunitas ini akrab walau mereka berasal dari latar belakang yang berbeda.Janjian kopdar atau temu offline ala komunitas ini biasanya sesuai kesepakatan dalam milis. Milis merupakan salah satu media komunikasi utama para blogger yang tergabung dalam Komunitas Blogger Ngalam.
Ditengah berbagai kesibukannya, Komunitas Blogger Ngalam menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. Bentuk kerjasamanya yakni memberi pelatihan tentang pembuatan blog.
Mereka juga melakukan kampanye internet sehat. Tujuannya agar internet dimanfaatkan untuk kegiatan yang benar, berguna dan memajukan masyarakat pengguna layanan internet. Kampanye internet sehat merupakan bentuk edukasi publik yang konkret dan sangat dirasakan manfaatnya. Yakni pemanfaatan konten yang positif, menggunakan internet secara bijak dan tidak menyalahgunakan internet.
Mereka juga berbagi kebersamaan dengan para blogger dari daerah lain. “Kami juga selebrasi dengan komunitas blog kota sebelah yang berdekatan,” terang Haqqi.
Banyak manfaat yang didapat para blogger ketika bergabung dalam Komunitas Blogger Ngalam. Diantaranya mendapat informasi terkini, saling sher informasi diantara pengguna blog.
Masih ada sederet kegiatan yang bermanfaat bagi para anggotanya. Haqqi mencontohkan kegiatan sharing keliling yang baru saja digelar akhir pekan lalu di kampus STIE Malangkucecwara. Even ini bekerjasama dengan salingsilang.com. Selain itu mengadakan lomba fotoblog selama Bulan Ramadan, syukuran ulang tahun pada Desember nanti. “Manfaat lain yang dirasakan yakni networking semakin luas dan menembus batas, mendapat ilmu pengetahuan yang tidak didapat di pendidikan formal,” papar Haqqi.
Tak hanya itu saja, mereka juga selalu memperoleh informasi terbaru, bahkan informasi yang didepat lebih cepat dari media umumnya seperti TV. “Segala informasi lebih terbaru, terkini dan macam-macam dari berbagai sudut pandang,” kata Haqqi. (vandri van battu/nug)

Padat, Jadwal  Pelatihan Blog 
SALAH satu manfaat Komunitas Blogger Ngalam yang paling  dirasakan yakni pelatihan blog. Melalui pelatihan ini, masyarakat awam sekalipun menjadi paham lalu akrab dengan dunia blog dan manfaatnya.
Pelatihan blog mencakup tentang pengantar internet, cara membuat blog, cara mengekspos artikel dan bagaimana mengelola blog. Bahkan pelatihan menulis kreatif, fotoblog dan video blog pernah diajarkan.
Menulis blog, fotoblog dan video blog  termasuk elemen penting dalam mengelola blog. Setiap pemilik blog, bisa memaksimalkan blognya dengan tulisan-tulisan kreatif, foto dan video. Belakangan jadwal pelatihan blog terbilang padat. Ini menyusul semakin antusiasnya warga Malang Raya memanfaatkan blog. Bahkan semakin banyak pula yang ingin mengelola blog secara professional.
Tidaklah sulit mendapat pelatihan blog dari Komunitas Blogger Ngalam. Caraya juga mengakses http://www.bloggerngalam.com. Lalu mengisi kolom pendaftaran. Jika sudah mendaftar, selanjutnya tinggal membuat janji untuk pelaksanaan pelatihan. (van/nug)

Ngeblog Itu Kaya Informasi
BERBICARA tentang Komunitas Blogger Ngalam, tentu tak bisa melupakan sejumlah  blogger. Sam Ardi adalah salah satu dari sejumlah blogger yang aktif. Selain pernah menjadi ketua Komunitas Blogger Ngalam periode 2009-2011, Sam Ardi kini menjadi penasehat.

Berbicara tentang apa itu blog, menurut Sam Ardi, blog adalah media on line yang dibuat  untuk membagikan informasi secara kronologis. Tentu blog merupakan media yang berbasis internet. “Blog ada yang sifatnya free, ada juga yang bayar. Yang bayar, hosting dengan domain yang dipilih sendiri,” jelasnya kepada Malang Post.
Sam Ardi yang juga digital forensic analyst ini bergabung dengan Blogger Malang  pada tahun 2005. Setelah itu dia juga giat di Komunitas Blogger Ngalam. Tapi ia sudah aktif ngneblog sejak jauh-jauh hari sebelumnya.
“Saya mulai ngeblog sejak tahun 1999. Banyak manfaat yang saya dapat,” ucapnya. Diantaranya bisa saling tukar informasi, update informasi. Hal terpenting yang dirasakannya yakni bisa mendapat informasi apa saja yang diinginkan, entar itu  tentang politik, peristiwa dan aktual.
Manfaat lain yang dirasakan yakni bisa saling mengunjungi sesama pemilik blog atau blogwalking. “Dengan blogwalking, kita semakin memiliki banyak informasi, semakin kaya akan kasanah informasi tanpa menunggu lama,” terangnya. (van/nug)

ndak nyangka juga,kok masuk lagi wajah saya ke koran..😆 seingat saya terakhir waktu ada acara 2 tahun lalu di UMM, saat itu road nya pesta blogger 2009…bloggerngalam nampang disana.. sampai bapak penjual bakmi di ujung komplek nanya apakah ngajar di UMM..😆:mrgreen:

yang pasti berita ini awalnya dapat dari mbak nengbiker via milis dan lapak cuwit-cuwit.. hehee…dan langsung di sebar kemana-mana..

7 comments on “Malang Post today! komunitas @bloggerngalam

  1. mqhidayat says:

    Itu fotonya pas kita kopdar habis lebaran di bakar2 blakang ITN + yg bawah foto pas ada acara coaching clinic bareng dika ‘kambing jantan’, acaranya KL di MOG.

  2. ciput says:

    blogger ngalam memang josh semoga blog kediri nanti juga bisa seperti itu.

  3. ciput says:

    Numpang ngepost lagi. Mohon maaf lahir dan batin.

  4. Saya masih baru, tapi…ya..saya berharap menemukan komunitas ini dari kota asal saya….hanya saja saya tak pernah mendapatkan newlestter apapun dari millis padahal saya sudah pernah mendaftar seingat saya..

    Saya lebih dikenal dari Bali…

    Lebaran kemarin saya cuti panjang berharap ada Kopdaran tapi tak satupun undangan saya terima🙂

  5. MamaFrida says:

    waaah..senengnya bisa kumpul dan sharing…silaturahmi berlanjuuut.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s